Pertama di Indonesia! Dirjen Imigrasi Resmikan Anjungan Paspor Mandiri di Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun!

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, KARIMUN - Dirjen Imigrasi Ronnie Sompie meresmikan penggunaan Anjungan Paspor Mandiri (APM) Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun, Selasa (11/7/2017) sekitar pukul 11.00 WIB.

APM tersebut merupakan yang pertama di Indonesia dan menjadi percontohan. Pelayan APM diyakini memiliki kinerja yang lebih efisien dan efektif terutama dari sisi waktu, khususnya bagi warga di hinterland.

"Ini merupakan yang pertama di Indonesia dan menghabiskan dana Rp 250.250.000," ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun, Mas Arie Yuliansa Dwi Putra, Senin.

Keunggulan APM antara lain pemohon bisa menentukan sendiri jadwal wawancara dan foto, layanan SMS untuk pengambilan paspor serta paspor bisa dikirim menggunakan aplikasi layanan PT Pos Indonesia.

"APM ini sifatnya self service, pemohon bisa memasukkan data sendiri, atur jadwal wawancara dan pengambilan foto, dapat memangkas pertemuan pemohon dengan petugas sehingga meminalisir terjadinya pelanggaran," kata Mas Arie.

Selain di Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun, perangkat APM tersebut juga ditempatkan di kantor Imigrasi cabang Tanjungbatu, Kundur dan Moro. (*)