Imigrasi Tempatkan Tim Pengawas Orang Asing di Kalibata City

VIVA.co.id – Direktur Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian, Yurod Saleh, didampingi Kepala Divisi Keimigrasian DKI Jakarta, Yudanus Dekiwanto, mengukuhkan Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora), Rabu, 25 Mei 2016.

Pengukuhan tim ini sekaligus peresmian Sekretariat Timpora Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan di Kalibata City Tower Sakura, Jakarta Selatan.

Kehadiran Timpora ini di tengah-tengah pemukiman masyarakat umum, dalam rangka mempermudah masyarakat untuk melaporkan atau mencari tahu tentang pengawasan WNA yang ada di tengah-tengah masyarakat.

Seperti diketahui bahwa Indonesia telah memberlakukan bebas visa kepada 90 negara. Timpora dibentuk agar pemerintah bisa langsung mengontrol warga negara asing, serta menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Hal itu mendorong orang-orang yang ada di belahan dunia untuk datang ke Indonesia," ungkap Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Selatan, Cucu Koswala, di kawasan Jakarta Selatan, Rabu 25 Mei 2016.
WNA yang tercatat di Kantor Imigrasi Jakarta saat ini sebanyak 11.000 orang. Apalagi, dengan berlakunya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), jumlah kunjungan WNA ke Indonesia, baik yang akan bekerja maupun liburan akan semakin meningkat.