Kaji Kitas Pemain serta Pelatih Asing, Ditjen Imigrasi Panggil PSSI

JAKARTA – Direktorat Jenderal Imigrasi melaksanakan pendataan mengenai pemain-pemain Indonesia yang berkompetisi di luar dan pemain asing yang waktu ini berkompetisi di Indonesia. 

Sekjen PSSI, Azwan Karim mengemukakan, pihak Ditjen Imigrasi telah melayangkan surat pada PSSI. 

Tujuannya, instansi  yang bertugas mengurusi status perpindahan warga negara serta izin warga negara asing di Indonesia tersebut mau menggali kabar mengenai status kewarganegaraan pesepakbola lebih jauh. 

“Lantaran mereka (pihak Imigrasi, Red) tak mau kejadian seperti Wanderley (pemain asal Brasil, Wanderley Santos, red )terulang lagi di kemudian hari,” kata Azwan. 

“Mungkin saja awal pekan depan kami bakal segera melaksanakan pertemuan dengan mereka. Seharusnya pertemuan tersebut berlangsung pekan Selanjutnya, akan tak dapat berangsung dikarenakan bersamaan dengan agenda pertandingan ujicoba tim nasional,” kata Azwan. 

Pria asal Jakarta tersebut juga katakan kalau, Wanderley akhirya mesti dihukum larangan bertanding sepanjang dua bulan membela klubnya Al Nasr SC di kompetisi Uni Emirat Arab setelah ada laporan dari PSS ke AFC (Asian Football Confederation). 

“AFC menanyakan pada kita, apakah Wanderley pemain Indonesia? Jawaban kami bukan?, setelah tersebut  Wanderley dihukum,” terangnya.

tidak hanya tersebut, Azwan mengemukakan kalau mereka bakal membahas kasus mirip Wanderley bersama-sama pihak Keimigrasian yang belakangan juga muncul di sepak bola kita waktu ini.