Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Bali dan Peluncuran Inovasi Pelayanan Publik

Kamis 09/09/2021, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja melaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan Kepala Perwakilan  Ombudsman RI Provinsi Bali tentang Pencegahan Maladministrasi dan Penyelesaian Laporan/ Pengaduan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik serta Peluncuran Inovasi Pelayanan Publik berupa Pengambilan Paspor Drive Thru, Notifikasi Paspor Selesai, Maskot Kanim Singaraja dan Ruang Pelayanan Baru di halaman Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Perwakilan  Ombudsman RI Provinsi Bali (Umar Ibnu Alkhatab), Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Bali (Amrizal), Sekretaris Badan Pelaksana Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Buleleng (I Wayan Duala Arsayasa) dan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Singaraja (Mut Zaini).

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja (Nanang Mustofa) dalam sambutannya menyampaikan bahwa hingga saat ini pandemi covid-19 belum berakhir dan telah menyebabkan banyak dampak negatif bagi kehidupan masyarakat dan program-program pemerintah. Di sisi lain, berbagai upaya dan program-program yang dapat memudahkan dan meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat juga harus terus berjalan, beriringan dengan upaya pengendalian covid-19.

Untuk itu, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja melaksanakan kegiatan ini, yang sedianya sudah dilaksanakan pada awal bulan Juli 2021. Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja telah menciptakan terobosan baru yang dapat mengurangi pertemuan secara langsung antara petugas dan pemohon melalui inovasi Notifikasi Paspor Selesai (NOTPORSEL) dan pengambilan paspor melalui mekanisme Drive Thru. Selain itu, telah dilakukan re-layout ruang layanan sehingga menjadi lebih luas dan nyaman dengan penerapan protokol kesehatan.

Selain menciptakan inovasi yang memudahkan masyarakat dalam memperoleh layanan, sebagai bentuk kesungguhan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja dalam melaksanakan pelayanan yang transparan dan tidak diskriminatif, telah dilaksanakan “Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja dengan Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Bali tentang Pencegahan Maladministrasi dan Penyelesaian Laporan/ Pengaduan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik”.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Bali (Umar Ibnu Alkhatab) dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan adanya penandatangan Perjanjian Kerja sama ini diharapkan agar betul-betul dilaksanakan dengan baik, dipastikan pelayanan keimigrasian di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja yang diberikan kepada masyarakat berjalan dengan baik dan benar. Urusan-urusan yang berkaitan dengan laporan/pengaduan masyarakat agar segera diselesaikan. Semboyan Kementerian Hukum dan HAM kerja cerdas akan melahirkan berbagai inovasi pelayanan, sehingga pelayanan akan menjadi lebih mudah dan transparan. Pelayanan yang diberikan bisa cepat, tepat dan murah bahkan tanpa biaya. Selanjutnya Bekerja dengan ihklas itu berarti bekerja tanpa pamrih dan tanpa lelah. Sebagai pegawai harus bekerja tanpa memikirkan imbalan tanpa memikirkan kerugian baik materiil maupun non materiil sehingga akan melahirkan kepastian pelayanan dan dengan tetap bekerja berhati-hati ”.

Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali (Amrizal) menyampaikan ucapan selamat kepada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja yang sudah bisa mewujudkan program inovasinya dalam Pelayanan Keimigrasian seperti yang pernah disampaikan kepada Tim Penilai Internal WBBM sehingga diharapkan bisa membantu masyarakat dan mudah untuk digunakan oleh masyarakat. Beliau juga berharap Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja bisa meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Tahun 2021.   

Untuk membangkitkan semangat dan rasa cinta terhadap organisasi serta sebagai sebuah instrumen yang dapat mendekatkan diri dengan masyarakat, Kantor Imigrasi Singaraja juga telah menciptakan Yel-Yel serta Jingle dengan judul Kanim Singaraja Untuk Indonesia dan Maskot berupa Ikan Lumba-Lumba dengan nama SIRAJA MELASTI.

Kegiatan penandatangan perjanjian kerja sama dan peluncuran inovasi ini, merupakan bagian dari upaya Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja dalam melakukan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang dilaksanakan dengan sangat sederhana dengan tetap penerapkan protokol kesehatan.

Semoga segala upaya yang kita lakukan mendapat ridho dari Yang Maha Kuasa.

Tetap waspada, selalu berpikir positif dan selalu patuhi protokol kesehatan.

Salam sehat…(tikim 2021)